FENOMENA DITINGGAL NIKAH

Ilustrasi Ditinggal Nikah


Jodo, pati, bagja jeung cilaka mah geus diatur kabeh ku gusti. (Jodoh, kematian, kebahagiaan dan musibah sudah diatur semua oleh Allah SWT).
Sebuah pribahasa yang populer dikalangan masyarakat sunda, bahkan mungkin masyarakat luar sunda pun telah mengetahui pribahasa ini.

Sebagian besar atau bahkan semua orang mungkin berpendapat sama dengan pribahasa tersebut. Namun, masih banyak orang yang 'kurang' menerima terhadap kenyataan yang terjadi.

Terkait permasalah jodoh misalnya, saya akan menceritakan sedikit pengalaman dan perasaan saya ketika mengalami 'Fenomena Ditinggal Nikah'.

Yaa... Saya bisa dibilang expert soal ini hahaha. Alasanya sudah bisa ditebak, keseringan ditinggal nikah sama mantan.

Pertama kali saya ditinggal nikah adalah ketika saya baru lulus SMP, yaa saya memang mulai berpacaran saat masih SMP dengan seorang wanita teman sekelas. Oke oke bolehlah kita bilang itu cinta monyet (cinta bohongan) tapi saya kasih tau, ketika tau kalo dia nikah sama orang lain itu sakit hatinya beneran cuk hahaha. Terlebih kita gak ada kata putus, dan dia bilang gabisa lanjut sekolah disini (nyebut nama daerah tempat kita sekolah). Alasannya karena orang tuanya ngeharusin dia lanjut pesantren. Oke saya tidak keberatan, dan kejadian itu bermula ketika seorang teman mengirimkan sebuah undangan bertuliskan nama 'dia'.

Bangsat, melow banget si ini cerita hahahha.

Gausa tanya gimana perasaan saya, sudah barang tentu biasa aja, nggak deng hahaha aing nangis (maklum masih bocah dan pertama kali merasakan ditinggal nikah sama pacar). Tapi itu dulu, seiring berjalannya waktu saya sudah terbiasa dengan Fenomena Ditinggal Nikah ini.

Pada tulisan kali ini, saya tidak akan menyebutkan satu persatu kasus-kasus saya dalam hal ditinggal nikah, akan tetapi saya akan lebih mengulas, anjayyy mengulas hahahaha. Yaa saya akan sedikit mengulas Fenomena Ditinggal Nikah berdasarkan pengalaman saya selama ini. Baik itu dari segi penyebab atau sikap yang harus kita lakukan.

Oke, kita mulai dari penyebab saya sering ditinggal nikah adalah karena saya pacaran. Kalo gak pacaran yaa gabakalan bisa saya ditinggal nikah, makanya buat semuanya yang belum pernah pacaran, pertahankan sampai kalian menemukan orang yang cocok, kalo udah nemu langsung aja nikah, gausa pacaran-pacaran, Harammm...

Selanjutnya, penyebab kedua sering ditinggal nikah adalah, saya pacaran seringkali dan kebanyakan sama yang seumuran, jadi hal itu saya rasa adalah penyebab utama Fenomena Ditinggal Nikah terjadi. Gini lho gini, cewek sama cowok kan beda ya, kalo cowok mah ada bentuknya, kalo cewek rata. Eh naon sih bangsat hahaha.

Rata-rata usia pernikahan cewek sama cowok kan beda. Di Indonesia, cewek rata-rata udah nikah diusia 20an sedangkan cowok rata-rata diusia 25an. Terlebih, orang tua di 'kampung' pemikirannya masih kolot, yang mana berfikir cewek kalo usia 20 lebih belum nikah adalah suatu aib.
Jadi itu yang terjadi pada saya, seringkali ketika pacaran si cewek pengennya serius terus ngomongin masalah nikah. Hehhh anda harus tau nikah itu bukan soal cinta, disitu ada tanggung jawab bukan hanya sama diri sendiri, ada tanggung jawab buat kelangsungan hidup anak manusia. Emang mau kalo pas lagi laper saya kasih 'huut' ?? (dedak sisa penggilingan padi).

Nah dilemanya disini nih, kita seumuran dan si cewek udah siap nikah, akan tetapi kita sebagai cowok belum siap baik itu dari segi tanggung jawab ataupun pekerjaan. Berdasarkan hal itu, sepertinya saya akan mencari pacar yang minimal 5 tahun dibawah saya.

"Pedofil atuh bangsatt..." Nah kan dilema kan.


Jadi intinya Fenomena Ditinggal Nikah ini bisa terjadi karena tingkat kesiapan antara cowok sama cewek untuk mulai ke jenjang lebih serius berbeda. Jadi makanya gausa pacaran, tapi amankan aja dulu bocah-bocah sekolah buat dijadiin calon istri gausa dipacarin.

Nah sekarang sikap yang harus kita lakukan ketika kita mengalami Fenomena Ditinggal Nikah ini adalah yaa nangis, sedih gapapa asal jangan sampe keterlaluan. 

Ikhlasin aja, gini lho borr. Tuhan itu Maha Asyik, Dia membuat kita sedih dengan mengambil sesuatu yang berharga buat kita untuk menggantinya dengan yang lebih baik. Percaya aja Tuhan selalu memberikan yang terbaik buat kita, 'dia' tuh gak cocok buat kita, kita bisa dapet yang lebih dari dia. Yaa kurang lebih seperti itu kalimat penenang yang selalu saya ingat ketika sedang mengalami Fenomena Ditinggal Nikah ini. Terlebih kalo pas liat calon suaminya 'ronghod' hahaha. Gak deng becanda....

Udah lah capek ngetik, segini aja dulu. Ntar kapan-kapan nulis lagi. Ohiya buat 'kamu' yang kemaren ngirimin undangan dan menginspirasi saya buat nulis ini, semoga bahagia yaa sama pasangan. 

Tabik...


Comments

Popular posts from this blog

NETHERLAND VAN JAVA

JAKARTA, BUKAN CUMA PERSOALAN WILAYAH (Point Of View Mahasiswa Rantau)

BELAJAR PERIHAL TUJUAN HIDUP DAN KEGAGALAN DARI ANAK KECIL DAN HUJAN