PERCUMA KULIAH JAUH-JAUH KE JAKARTA KALO UJUNGNYA….


Ilustrasi Baaaccooootttttt

 
“Percuma lah kuliah jauh-jauh ke Jakarta juga kalo pas udah wisuda ujung-ujungnya cuma nganggur, bantuin orang tua di sawah, dagang dan lain-lain…..” Tandasnya dengan nada ketus.

Tabik….

Oke, langsung aja lah gausa basa-basi lagi. Udah gatel ni jari pengen ngetik kalo udah denger kalimat tadi. Jadi gini yaa netijen yang budiman, ‘HIRUP AING KUMAHA AING’ gausa ikut campur masalah kehidupan orang lain. Emang situ ikut ngasih makan saya ?? suka ngasih duit ke saya ?? nggak kan ?? jadi yauda gausa ikut campur. Mau nganggur kek, ke sawah kek, dagang kek, ngadongdot kek selama gak ngerugiin anda yauda… Just Shut Up Your Fucking Mouth, BITCH………

Gini deh gini, saya jelasin yaa… Gak ada korelasi antara kuliah di Jakarta sama kapan dan dimana saya bekerja, kuliah itu tujuannya untuk mencari ilmu, nah terlepas dari kerjanya mau ngapain ya gapapa asal bisa kepake ilmu yang didapat selama kuliah.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa pola pikir masyarakat kampung masih ‘kolot’ yaitu mengaggap kalo pekerjaan yang baik itu kalo udah berseragam, kantoran dan yang gitu-gitu lah… Anehnya tuh netijen gak sampe situ doang, kalo ada yang lulus kuliah langsung kerja dengan ‘Berseragam’ pun pasti tetep ngebacot tuh.

Tuh tingali si anu, abong boga dulur diluhur. Lulus kuliah meni langsung gawe di kantor.(Tuh liat si anu, mentang-mentang punya sodara dikalangan atas, lulus kuliah aja langsung kerja di kantoran.)”

Bukannya saya gak bisa Santuy yaa, cuma ya kasian aja gitu sama orang tua kalo denger bacotan kek gitu tuh takut kepikiran. Oke, saya rasa cukup lah marah-marahnya. Disini saya gak akan banyak membahas tentang bacotan-bacotan yang biasanya keluar dari mulut-mulut tetangga. Saya disini akan lebih ke berbagi pengalaman berdasarkan hal-hal yang saya alami berkaitan dengan bacotan netijen offline…..

Terkadang bacotan kek gitu bisa jadi penambah motivasi juga buat kita, tentu itu pun kalo cara kita menyikapinya dengan benar. Saya akan berbagi pengalaman saya dimana bacotan netijen offline ini malah menjadi motivasi saya buat nunjukin kalo saya bisa melakukan apa yang menjadi keraguan mereka.

Dulu ketika saya masih SMK dan sudah mendekati kelulusan, saya memiliki keinginan untuk bisa melanjutkan kuliah dan waktu saya membicarakan hal ini dengan kerabat saya, ada perkataan dari seorang kerabat yang membuat saya ingin sedikit mencubit ginjalnya. Gini nih kurang lebih bacotannya.

Lah maneh sosoan hayang kuliah, emangna kuliah teu make duit ? emangna kuliah cukup ku daun cau? SMK oge kolot maneh teu ngurus teu mere biaya kumaha ngke kuliah. (Lah gegayaan lu pengen kuliah, emangnya kuliah gak pake duit ? emangnya kuliah cukup dengan daun pisang ? SMK aja orang tua lu gak ngurusin gak ngasih biaya, gimana ntar kalo kuliah.)”

Buat yang ngerasa pernah ngomong gitu, saya gak akan banyak ngomong. Nih liat…..

Deuleu tah ku mata
Dari bacotan tersebut saya memang merasa dihina, merasa marah karena diremehkan. Tapi karena dalam menyikapinya secara benar, maka hal itu bisa jadi motivasi kita untuk menunjukan bahwa kita bisa dan mematahkan anggapan mereka. Menurut saya cacian dan hinaan semacam itu memang diperlukan untuk proses pembentukan karakter kita di masa depan. Yang saya rasakan sekarang, karena seringnya saya diremehkan orang lain bahkan kerabat sendiri jadi membentuk karakter saya yang sekarang.

Yaa bisa dibilang saya baperan ketika saya dihina seperti itu, tapi dengan baper tersebut saya jadi merasa termotivasi untuk menunjukan kalo saya bisa. Tapi kita harus bisa memilah juga sih bacotan yang seperti apa yang perlu kita baperin dan perlu kita bodo amatin.

Jadi intinya, tidak selamanya hinaan atau bullying yang kita terima bisa berdampak buruk kepada kita, tergantung bagaimana kita menanggapinya. Kalo kita bisa mengolahnya menjadi sebuah suntikan motivasi yaa bagus tapi kalo nggak bisa ngolahnya ya paling frustasi dan bunuh diri hahaha.

Oke mungkin segitu aja curhatan pengalaman kali ini, soalnya udah pagi juga nih… Nasi uduk Bu Mumun udah memanggil........

Thx…………………………………

Comments

  1. Ditunggu Chapter 2 nya... Menjawab Netizen yg awal diceritaakan, soal pekerjaan... Walaupun itu bukan hal penting yg perlu dtanggapi, tp mungkin stidaknya kelak jd motivasi semangat mencari penghasilan...

    Salam Blogger.. Say Hi form Kagoknulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Insya Allah...
      Terima kasih sudah berkunjung suhu....

      Siiipppppp

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

NETHERLAND VAN JAVA

JAKARTA, BUKAN CUMA PERSOALAN WILAYAH (Point Of View Mahasiswa Rantau)

BELAJAR PERIHAL TUJUAN HIDUP DAN KEGAGALAN DARI ANAK KECIL DAN HUJAN