TERUNTUK KALIAN PARA HAMBA IPK….


(Sumber: https://twitter.com/saputradeza14)


Tabik ….

Pada tanggal 11 Juli 2019 saya pernah membuat sebuah Tweet di Twitter pribadi saya, boleh di Follow @saputradeza14. Ya isi tweet saya itu persis seperti gambar di atas. “Percuma IPK tinggi kalo kenal cinta langsung goblok.” Dan tweet itu sendiri tembus sampai ratusan like da retweet. Artinya apa? Banyak yang mengamini statement saya terebut. Dan apabila melihat replyan juga kebanyakan orang satu pendapat dengan saya. Boleh dicek sendiri, tweet nya saya semat kok :)

Disini ada yang udah baca buku ‘Kami (Bukan) Sarjana Kertas’ karangan J.S.Khairen ? oke saya gapeduli juga sih udah atau belum. Tapi bagi kalian yang udah pernah baca akan sedikit related dengan tulisan saya ini. Mungkin yaaa……

Oke, pertama saya akan bahas kenapa sih IPK Cuma digambarkan dengan range angka 0-4 ?? padahal sejatinya nilai sempurna itu 10 atau 100. Oke saya pernah denger atau baca lah lupa, jadi alasan kenapa IPK Cuma 0-4 adalah, karena dengan IPK saja kita gak akan bisa sempurna dan sussah untuk survive dalam kehidupan setelah kuliah. Kalo gitu untuk mendapatkan nilai sempurna kita harus nyari dari mana supaya bisa mencapai angka 100 ? yapp,, 96 lagi kalian harus nyari sendiri diluar perkuliahan.

Gini lho gini, kita anggap nilai 100 itu skill kita, nah skill ini kan terbagi 3 ya setau saya, coba cek lagi yaa saya males gugling soalnya. PERTAMA Hard Skill, yaitu skill atau kemampuan kita yang bisa kita peroleh dengan belajar formal ya seperti kuliah, sekolah dan lain-lain. Kemampuan ini tuh contohnya kek apanya, ohiya gini. Kalo kalian kuliah Teknik Industri berarti hard skill kalian adalah bagaimana mengoperasikan mesin CNC, membuat desain dengan AutoCAD dan lain sebagainya lah yang kira-kira dipelajarin di bangku kuliah. Ya untuk jurusan lain mungkin kek pengelolaan keuangan, dan itulah paham kan klean….

KEDUA Soft Skill, nah soft skill ini nih yang kalian gak bakalan dapet dari dosen. Jadi, soft skill ini merupakan kemampuan kalian yang bersifat soft. Hahaha paan si bsgd……. Gimana ya jelasinnya, jadi soft skill itu contohnya kek karakter kalian, prinsip hidup, kemampuan dalam menyelesaikan masalah, kemampuan dalam bekerja sama tim, attitude dan lain-lain. Yaa yang kek gitu-gitu lah. Sepengalaman saya, untuk soft skill ini gabisa kalian pelajari secara instan dan teoritis. Biasanya soft skill muncul ketika kita berada dilingkungan tertentu dan selalu TERBENTUR, TERBENTUR, TERBENTUR dan TERBENTUK. Oke, sejauh ini paham gak bedanya? Nah untuk soft skill ini sendiri bisa kalian dapatkan ketika kalian masuk dalam suatu organisasi. Nah, disitu kan kita dilatih untuk bagaimana caranya mempersatukan tujuan, memecahkan permasalahan, belajar lobbying kalo dana kemahasiswaan susah turun hahaha. Terlebih kan didalam sebuah organisasi  sering terjadi benturan antar anggota yang mana kita disitu secara gak sadar dilatih untuk bisa mendahulukan kepentingan organisasi dibanding kepentingan pribadi. Apalagi kalo kalian dipercaya untuk menjadi seorang ketua atau pimpinan baik itu organisasinya, divisi ataupun sebuah event pasti kalian akan dituntut untuk belajar konsep leadership. Paham lah kalian gausa saya jelaskan secara terperinci….

KETIGA Spiritual Skill, nah kalo ini saya gak berani bahas terlalu dalam.  Intinya untuk spiritual skill ini lebih ke kemampuan kita berhubungan dengan Tuhan sebagai Pencipta dan Makhluk, dan hubungan dengan manusia sebagai sesama makhluk ciptaanNya.. kemampuan ini biasanya besifat pribadi dan gak bisa dinilai oleh individu lain. Untuk mendapatkan kemampuan seperti ini ya kalian udah tau lah masing-masing gimana caranya. Cuma saran saya, bagi kalian yang baru masuk kuliah, kalian bisa dapat langsung spiritual skill dan soft skill secara bersamaan. Caranya ?? coba kalian masuk LDK atau Rohis yang ada di kampus kalian. Insya Allah kalian bisa dapat keduanya…

Nah, sampai disini, gimana udah ada gambaran belum hubungan antara judul tulisan, gambar sama yang barusan dibahas??? Belum?? Makanya jangan kebanyakan makan seblak, maliihhh…

Oke gini aja deh, dari ketiga kemampuan tadi kira-kira menurut kalian mana yang paling penting???

Iya???

Nah bener, semuanya itu penting. Jadi harus seimbang. Usahakan eh bukan usahakan sih, seharusnya kalian punya ketiganya, jangan Cuma focus ngejar IPK tinggi tapi lupa ngebentuk soft skillnya. Ada juga yang jor-joran di organisasi sampe ngelupain kuliah ya gabener juga. Pokoknya harus seimbang lah. Coba liat gambar di bawah ini.


Contoh (Sumber: Aing)
 
Nah itu tuh, kita harusnya jadi yang tengah itu yang di itemin. Maaf males bikin pake Corel atau Photoshop yang penting pesannya sampai yekan. Jadi ada keseimbangan diantara ketiganya…… oke paham ???? lanjut………..

Dampak dari tidak seimbangnya kemampuan itu, bisa jadi yaa kek di tweet saya. Oke lah dia dalam perkuliahan pinter, IPK tinggi, duduk selalu didepan dan kalo UAS atau UTS selesai paling duluan. Tapi ketika kenal cinta jadi GOBLOK… kok bisa sih orang sepinnter itu dibodoh-bodohi sama yang namanya cinta?? Ya bisa lah, banyak kok kejadian kek gitu. Gausa dijelasin lah udah pada ngerti ini.

Nah lanjut nih, pada saat kita didunia kerja. Bukan cuma IPK doang yang jadi modal, tentu kalian udah tau yaa kalo ketika kita ngelamar kerja pasti ada yang namanya psikotest. Nah itu tujuannya kan buat ngeliat gimana sih karakter orang itu, gimana cara dia berfikir ketika menghadapi suatu permasalahan.

Terus gimana kalo ada pernyataan gini, “Saya tidak ada cita-cita untuk menjadi seorang karyawan, saya ingin berwirausaha sendiri, saya gamau jadi budak korporat, walaupun usahanyya kecil tapi saya bosnya.” Oke bagus, mungkin buat orang yang seperti itu tidak terlalu membtuhkan IPK, tapi ingat hard skill dan spiritual skill tetap harus punya. Disamping kemampuan menjalin relasi dan kompromi pun harus handal.

Memang tidak dipungkiri kalo untuk orang yang berkeinginan masuk perusahaan besar atau menjadi manager di suatu perusahaan gitu IPK menjadi syarat, tapi sekali lagi percuma kalo IPK saja yang tinggi tapi skill yang lainnya NOL BESAR.

Sepengalaman saya bertemu dengan teman-teman yang bisa dikatakan IPKnya biasa aja malah mereka bisa lebih survive di dunia kerja. Memang yang Namanya manusia gak bakalan bisa mencapai apa yang dinamakan sempurna, tapi setidaknya jangan focus di satu kemampuan saja.

Satu lagi, ini bukan bentuk pembelaan dari orang-orang yang memiliki IPK rendah lho yaaa…. Saya hanya prihatin sama orang yang jor-joran ngejar IPK sampe lupa buat ngelatih kemampuan lainnya. Apalagi kalo ngejar IPKnya pake cara gabener, seperti nyontek, bayar ke dosen, atau jadi ani-ani hahahaha. Emang ada za?? Lahh main lu kurang jauh berarti bro……

Jadi intinya, buat kalian yang selalu menghambakan IPK, ingat kalian salah kaprah……. Udah itu aja hahaha…..

Tambahan dikit nih, saya kasih bonus kutipan-kutipan yang berhubungan dengan IPK.


IPK yang tinggi memang akan mengantarkan kamu pada panggilan kerja dan wawancara, tapi your leadership akan membawamu pada masa depan. (Anies Baswedan)


Buat kalian yang sekarang masih kuliah dan sudah tidak memungkinkan untuk mengejar Cumlaude , angkat kepalamu bung, setiap orang punya jalan sukses masing-masing. Kuliah bukan untuk lomba cepat lulus, atau lomba tinggi-tinggian IPK. 

Yauda mungkin segitu aja, yaa maaf kalo tulisan saya gajelas, Namanya masih belajar….

Kalo dari kalian ada yang kurang paham atau kurang setuju dengan apa yang saya tulis ini, tulis aja di kolom komentar jangan sungkan-sungkan, buat nambah-nambah statistik juga hahaha mayan lagi pengajuan addsense, biar cepet full approve hahaha…..

Thx…………………….


Comments

Popular posts from this blog

JAKARTA, BUKAN CUMA PERSOALAN WILAYAH (Point Of View Mahasiswa Rantau)

BELAJAR PERIHAL TUJUAN HIDUP DAN KEGAGALAN DARI ANAK KECIL DAN HUJAN

CURHAT SEORANG ANAK ‘KORBAN’ BROKEN HOME